Cara-Rawat-Otter-Sampai-Jinak

Cara Rawat Otter Sampai Jinak

Otter – Siapa yang tidak mengenal hewan imut dan lucu yang satu ini ? Salah satu jenis hewan dengan dua alam ini merupakan jenis binatang eksotis yang saat ini banyak sekali diburu dan dijadikan peliharaan karena penampilannya serta karakteristiknya yang imut dan memukau.

Otter merupakan salah satu mamalia jenis karnivora yang masuk kedalam kategori Subfamili Lutrinae yang dapat hidup di dua alam antara air dan darat. Di dalam dunia ini setidaknya anda bisa mendapatkan 13 jenis spesies otter yang tergolong berdasarkan habitatnya yakni semi aquatic ,aquatik dan laut.

Di Indonesia sendiri anda bisa mendapatkan setidaknya 4 jenis otter yang masih legal untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan karena memiliki jumlah populasi yang masih banyak di habitatnya. Apa saja itu ? Berikut dibawah ini jenis otter yang terdapat di Indonesia ,diantaranya.

Jenis-Jenis Otter di Indonesia

Indonesia merupakan surga bagi berbagai macam spesies hewan ,tercatat oleh World Wildlife Fund (WWF) yang merupakan salah satu badan oganisasi kelestarian alam dunia sebanyak hampi 85 persen dari spesies hewan dan tumbuhan dapat anda jumpai di Indonesia salah satunya adalah otter. Dari 13 spesies otter yang ada sebanyak 4 spesies dapat anda temui menghuni teritorial di Indonesia ,diantaranya.

  • Aonyx Cinereus (Illiger ,1815) – Otter Cakar Kecil

Aonyx Cinereus adalah salah satu jenis otter yang memiliki tingkat populasi di alam liar paling banyak bila dibandingkan dengan jenis otter pada umumnya. Jenis otter yang satu ini merupakan spesies hewan yang memiliki karakter paling mudah dipelihara dan dapat hidup berdampingan dengan manusia.

  • Lutra lutra (linnaeus ,1758) – Otter Utara

Memiliki karakter dengan ukuran besar jeis lutra lutra ini merupakan spesies otter yang memiliki hidup yang lebih banyak dihabiskan didalam air ,memiliki panjang yang dapat mencapai satu meter dan berat mencapai 7 kilogram ,spesies yang satu ini merupakan hewan yang dilindungi karena habitatnya di alam liar sudah sangat langka ,sehingga untuk perdagangan lokal sudah sangat diatur.

  • Lutra Sumatrana (Gray, 1865) – Otter Hidung Berbulu

Dari nama latinnya mungkin anda sudah bisa menebak dari manakah jenis otter ini berasal ,Ya jenis otter dengan nama latin Lutra Sumatrana adalah jenis otter yang memiliki habitat di sekitar kawasan sumatera ,dengan memiliki ciri khas tersendiri dimana pada bagian hidung dari binatang ini ditumbuhi bulu / rambut kecil.

  • Lutrogale Perspicilatta (Geofroy Saint Hilaire ,1826) – Otter Bulu Licin

Jenis otter yang satu ini adalah yang paling besar selanjutnya yang dapat anda temui di kawasan Indonesia dimana memiliki panjang dapat mencapai 1,2 meter dan berat mencapai 11 kg ,sesuai dengan namanya otter dengan nama latin Lutrogale Perspicilatta memiliki bulu yang licin dan tidak sekasar jenis otter lainnya karena sebagian hidupnya akan dihabiskan di dalam air.

Panduan Rawat dan Bonding Otter yang Benar

Seperti yang telah kami paparkan bahwa otter merupakan salah satu hewan yang saat ini populer dijadikan peliharaan oleh sebagian besar kalangan pecinta hewan eksotis ,bayangkan saja untuk minat serta popularitas dari hewan ini mengimbangi kucing dan anjing pada umumnya.

Namun untuk cara merawat dan melakukan bonding (penjinakan) hewan ini tidak sama dengan jenis hewan peliharaan yang lainnya dikarenakan untuk hewan otter mereka memiliki tingkat sensifitas yang lebih besar dan memang pada dasarnya merupakan hewan liar. oleh karena itu saat anda memutuskan untuk menjadikan hewan ini sebagai peliharaan anda maka anda sudah harus bisa menanggung segala resiko yang ada.

Untuk memelihara binatang hewan yang satu ini kebanyakan orang hanya melihatnya karena lucu dan menggemaskan ,namun hal tersebut adalah salah memang benar daya tarik dari otter adalah imut serta menggemaskan namun itu tidak Panduan Cara Pasang Taruhan Basket Mixparlay dapat menjadikan alasan yang tepat ,anda harus benar-benar bisa merawatnya dengan baik dan benar jika tidak ini berarti sama saja dengan anda membunuh hewan ini. Berikut cara merawat otter dengan baik dan benar,

  • Sediakan kandang yang luas ,hal ini dikarenakan otter merupakan hewan yang hyperaktif dan tidak bisa diam .Hal ini menjadikan anda harus menyediakan kandang yang luas agar hewan ini dapat dengan leluasa bermain didalam kandang. Sangat disarankan apabila menggunakan kandang buatan sendiri.
  • Selanjutnya adalah pemberian makan ,seperti yang kita ketahui bahwa otter merupakan hewan karnivora yang hidup diwilayah atau tempat basah seperti hilir sungai .Dari habitatnya anda pasti sudah tahu bahwa makanan dari hewan ini adalah Ikan ,Jika anda memelihara jenis hewan ini maka anda wajib untuk stok ikan dirumah anda ,untuk murah anda bisa menggunakan daging ikan lele namun pisahkan daging dengan tulang untuk menghindari tersangkutnya duri ikan di tenggorokan hewan.
  • Sediakan kolam atau tempat berendam untuk otter hal ini dikarenakan suhu badan otter mudah sekali panas karena pada dasarnya di alam liar mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air ,apabila ini tidak anda penuhi maka jangan heran bahwa  otter anda akan mengeluarkan bau amis dibadannya.
  • Bersihkan kandang secara rutin ,sebenarnya panduan perawatan yang satu ini ditujukan untuk semua hewan peliharaan .Kebersihan dari kandang merupakan sebagian besar hal yang wajib anda perhatikan kala memelihara otter ,hal ini dikarenakan otter adalah hewan yang mudah terjangkit penyakit oleh karena itu bersihkan kandang otter paling tidak 2 hari sekali.

Inilah beberapa panduan untuk pemula / pecinta hewan eksotis yang ingin memelihara otter .lalu bagaimana dengan cara bonding (penjinakan) untuk hewan ini ? Pastinya anda akan senang apabila hewan yang anda pelihara bisa jinak dan nurut pada majikannya.

Hewan otter dikenal dengan karakter yang sangat bersahabat dengan manusia asalkan sebagai majikan anda tahu cara untuk bonding hewan ini dengan benar ,proses bonding juga tidak terlalu sulit. Mau tau bagaimana caranya ? silakan simak dibawah ini.

  • Pelihara otter pada saat usia 3 bulan (saat mata sudah melek) sebab ini merupakan umur yang pas untuk dipelihara ,proses penjinakan juga dapat dengan mudah dilakukan dengan usia segitu sebab pada tahap ini mereka tergolong masih kecil.
  • Proses penjinakan bisa terbagi menjadi beberapa hal salah satunya adalah memberikan kasih sayang ,perhatian dan selalu ada waktu menemaninya sebab memang pada dasarnya otter merupakan hewan yang manja dengan pasangannya sehingga sifat alami itu juga akan ditujukan kepada sang majikannya.
  • Anda bisa mengajak bermain atau jalan-jalan si otter ini ,proses penjinakan yang cukup efektif bila dikatakan ,namun bila kami sarankan jika anda pemula maka anda bisa memulainya dengan membiarkannya bermain disekitar rumah atau kamar anda terlebih dahulu atau apabila tetap nekat maka anda bisa mengajaknya jalan dengan menggunakan tali yang disangkutkan dibagian kaki depannya.
  • Beri makan dengan tangan anda langsung ,pada usia muda sang otter akan kesulitan dalam belajar makan sendiri sehingga akan membutuhkan bantuan anda ,nah dengan berinterasksi langsung seperti proses memberikan makan lewat tangan anda langsung bisa menjadikan bonding yang tepat karena secara tidak langsung bau tangan anda akan dikenali oleh si otter.

Demikian untuk panduan tentang cara rawat dan bonding otter baik dan benar yang dapat kami rangkum untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *