Apakah-Benar-Vape-Bisa-Menghentikan-Kecanduan-Rokok

Apakah Benar Vape Bisa Menghentikan Kecanduan Rokok ?

Rokok Elektrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Vape merupakan sebuah inovasi dari bentuk rokok konvesional menjadi rokok modern yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh SBT Co Ltd sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Beijing ,China dimana saatini dikuasai oleh Golden Dragon Lrd pada tahun 2004.

Perkembangan dari rokok elektronik ini dikalim sebagai rokok yang lebih sehat dan ramah lingkungan dari pada rokok tembakau pada umumnya dan tidak menimbulkan bau menyengat. Selain itu rokok elektronik ini diklaim jauh lebih hemat bila dibandingkan dengan rokok biasa karena sifatnya yang berupa cairan yang dapat diisi ulang.

Dikatakan sebagai alat yang hemat dan ramah lingkungan dikarenakan rokok elektronik ini hanya membakar cairan dengan menggunakan efek dari baterai yang dipanaskan lewat lintingan kawat sehingga nantinya menjadi uap yang masuk ke paru-paru dari pemakai ,cairan tersebut juga dikatakan terbuat dari cairan pewarna dan beberapa zat cairan lainnya non nikotin.

Namun apakah benar bahwa rokok elektronik memiliki bahaya yang lebih ringan untuk kesehatan dibandingkan dengan rokok tembakau pada umumnya ? dan apakah benar rokok elektronik ini dapat membuat pecandu rokok konvesioanal berhenti secara permanen ?

Apakah Benar Vape Bisa Menghentikan Kecanduan Rokok ?

Belakangan ini trend dari rokok elektronik (Vape) begitu banyak di Indonesia bahkan anda bisa menemukan berbagai macam jenis vape seperti salah satunya yang terbaik yakni SX MINI G Class 200watt ,belum lagi dari rokok elektronik ini anda bisa menggunakannya sebagai gaya seperti yang dapat anda saksikan di Youtube. Dan konon katanya bahwa penggunaan dari rokok elektronik ini mampu untuk mengurangi / berhenti penggunaan dari rokok tembakau .Ini merupakan segelintir dari pendapat dan penilaian dari masing-masing kalangan.

Dan akibat dari hal tersebut ,banyak sekali dari kalangan yang kini beralih menggunakan rokok elektrik karena percaya akan hal tersebut selain itu hal ini berhubungan dengan penggunaan bahaya vape lebih rendah dibandingkan dengan rokok tembakau ? Namun apakah benar ungkapan tersebut nyata adanya ?

Ternyata menggunakan rokok elektronik ini jauh lebih berbahaya bila dibandingkan dengan jenis rokok tembakau ,mengapa demikian ? Inilah sejumlah fakta mengenai bahaya yang terkandung didalam rokok elektronik yang mengacam kesehatan manusia seperti yang dilansir oleh Agen Taruhan Bola Basket Sbobet Terpercaya,diantaranya.

  • Propilen glikol atau gliserin berfungsi sebagai produksi uap air yang digunakan di dalam rokok eletronik ,penelitian mengungkapkan bahwa dengna menghirup propilen glikol dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan pada beberapa individu.
  • Memang benar bahwa cairan yang digunakan dalam rokok elektronik tidak mengandung nikotin ,namun tidak semua sebab saat ini banyak vape bukan hanya digunakan sebagai alat untuk mengatasi kecanduan rokok melainkan untuk sekedar gaya hidup oleh karena itu saat ini banyak sekali dapat anda temui cairan vape yang mengandung nikotin dari 0 s/d 100 mg/mili.
  • Penambahan rasa dari cairan rokok elktronik ini menggunakan semacam zat yang biasa digunakan untuk pewarna makanan sehingga dapat menimbulkan sensasi rasa tertentu.
  • Komponen lainnya seperti tobacco-specific nitrosamine (TSNA) yang merupakan senyawa dari karsinogen yang ditemukan dalam rokok tembakau .nitrosamin dalam kadar yang lebih sedikit juga ditemukan pada cairan rokok elektronik ini.TSNA biasanya ditemukan dalam kandungan senyawa logam seperti kromium ,nikel dan timah.

Mana yang lebih bahaya antara rokok elektrik dengan rokok tembakau ?

Seperti yang telah diketahui bahwa bahaya dari rokok tembakau adalah asap yang ditarik kedalam paru-paru ,sedangkan rokok elktronik tida membakar tembakau sehingga tidak menghasilkan asap melainkan uap air. Penelitian mengatakan bahwa sebagian besar zat kimia yang terkandung dalam rokok eletrik ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan rokok tembakau ,namun tidak berarti itu aman sebab kadar kandungan dari bahan berbahaya pada vape tersebut bervariasi.

Seperti yang diungkapkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Heath Organization (WHO) mengatakan bahwa dalam arteri jantung sel endotel akan menunjukan stress yang jelas ketika terpapat langsung dengan asap dari rokok tembakau ,namun tidak untuk rokok elktronik. Dari hal ini menunjukan bahwa kadar bahwa dari vape ini lebih sedikit dari rokok pada umumnya akan tetapi hal ini masih hanya sekedar penelitian dan masih perlu ditindak lanjuti.

Namun satu hal yang dapat dipastikan bahwa rokok elektrik (vape) juga mengandung nikotin sama seperti zat adiktif yang terdapat pada rokok tembakau mesti dengan jumlah kadar yang sedikit. Ketika anda berhenti memakainya anda akan merasa gelisah ,mudah marah dan depresi sehingga akan menimbulkan penyakit jantung.

Jadi intinya adalah baik menggunakan rokok elektrik maupun rokok tembakau tetap saja akan berdampak buruk bagi kesehatan anda namun yang membedakannya adalah jangka waktu dari keduanya. Mungkin saat ini dapat dikatakan bahwa pengguna dari rokok elektrik tidak merasakan dampaknya ,namun dalam jangka panjang mungkin saja dampak tersebut akan terasa.

Kasus Rokok Elektrik Meledak

Selain berbahaya bagi kesehatan ternyata rokok elektronik juga memiliki satu resiko lainnya salah satunya adalah meledak ,memang benar bahwa semua hal yang bergantung dengan elektrik memerlukan listrik untuk mengoperasikannya ,begitu juga dengan vape ,jika aliran listrik yang dihantarkan dari baterai tidak stabil maka besar kemungkinan ini akan mempengaruhi vape untuk meledak. bahkan tercatat bahwa ledakan yang dihasilkan juga terbilang cukup parah.

Seperti yang terjadi pada beberapa kasus meledaknya vape hingga mengakibatkan cidera serius bagi para penggunanya. dikutip dari NBC News ,DR. Anne Wagner dari University of Colorado Hospital (UCH) Burn Center yang mengungkapkan bahwa sebagian besar kasus ledakan dari rokok eletrik ini mengakibatkan luka yang sangat serius bagi sebagian penggunanya bukan hanya mengalami luka bakar terkadan juga tulang hingga daging dapat tersobek / hancur.

Faktor yang memicu meledaknya rokok elektrik meledak dikarenakan terlalu sering membiarkan baterai tersambung ke listrik dengan posisi sudah terisi penuh ,panas berlebihan pada kawat penghantar juga salah satu faktor utama serta kuningan penghantar dari vape terkena cairan seperti air maupun cairan vape.

Inilah beberapa bahaya dari penggunaan rokok eltronik yang wajib untuk anda ketahui .Padahal satu-satunya hal yang dapat menjaga tubuh anda tepa sehat adalah berhenti merokok dengan begitu maka semua resiko serta penyakit dapat terhindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *